Schindler’s List*

Kode Produk: Sastra
Point Reward: 0
Ketersediaan: Out Of Stock
Harga: Rp110.000,00 Rp93.500,00
Tanpa Pajak: Rp93.500,00
Jml:  Beli
   - ATAU -   
Schindler’s List
karya Thomas Keneally
Edisi Indonesia diterbitkan oleh
JALASUTRA
Cetakan I, Juli 2006
520 hlm.; 15 x 21 cm
ISBN: 979-3684-49-6
 
 
 
Avant Propos
 
Sebagai pembaca kita punya banyak keuntungan, salah satunya adalah jarak terhadap teks yang dibaca, terutama pada peristiwa yang ada di baliknya. Peristiwa Perang Dunia Kedua yang menjadi latar belakang utama Schindler’s List adalah salah satu yang bisa kita lihat secara berjarak. Melalui Schindler’s List kita melihat dari sudut pandang sebagai seorang pembaca mengenai kekejaman dan sadisme yang dilakukan NAZI terhadap orang-orang Yahudi. Ketika kita diajak untuk “menyaksikan” bagaimana anggota NAZI bisa menembak seseorang yang sedang berjalan kaki di depannya tanpa melakukan sedikit pun kesalahan, mungkin saat itu kita spontan bilang “Betapa sadisnya mereka.” 
 
Banyak peristiwa lainnya yang patut untuk dicap sebagai kekejaman dan sadisme, seperti yang dilakukan oleh NAZI terhadap orang-orang Yahudi. Tetapi, sebagai pembaca, apakah kita hanya bisa berhenti pada ungkapan pemihakan kepada salah satu pihak saja, yaitu terhadap orang Yahudi lantas membenci NAZI? Sejarah membuktikan bahwa kekejaman dan sadisme bukan hanya milik NAZI, dan Yahudi bukanlah saatu-satunya korban.
 
Kita sudah terbiasa disuguhi peristiwa serupa dengan aktor yang berbeda, misalnya Yahudi terhadap orang-orang Palestina, Serbia terhadap Bosnia, dan masih banyak lagi. Secara tidak langsung kita menjadi sulit untuk berpihak kepada pihak tertentu secara permanen. Apalagi terhadap pihak-pihak yang mengalami ketegangan berabad-abad. Salah satu sikap yang mungkin, kita bisa berpihak pada pihak yang saat itu sedang berada pada posisi tertindas dan mengutuk pada pihak yang menjadi pelaku kekejaman dan sadisme.
 
Schindler’s List adalah salah satu kisah yang memperlihatkan ketika orang-orang Yahudi berada di pihak tertindas habis-habisan. Tentunya Schindler’s List hanya menjadi salah satu contoh dari sekian banyak kekejaman yang diderita oleh bangsa tertentu.
 
Penerbit memilih untuk menerbitkan Schindler’s List karena kita bisa melihat salah satu bagian dari peristiwa besar yang pernah terjadi dalam sejarah. Peristiwa yang telah menjadi salah satu trauma bagi peradaban, ketika moral dikalahkan oleh kemarahan dan sikap menindas. Salah satu sikap yang bisa kita ambil setelah menyaksikan atau membaca trauma peradaban tersebut adalah memikirkan kembali bahwa betapa pun hebatnya peradaban yang telah dicapai oleh berbagai bangsa, tetapi sifat mendasar seperti kekejaman dan menindas, tidak begitu saja hilang dari muka bumi. Ibaratnya, ketika nalar bisa menghasilkan peradaban yang tinggi, tetapi toh moral belum tentu berjalan seiringan. 
 
Hal tersebut menjadi pertanyaan yang mungkin jawabannya tidak mudah untuk ditemukan, yaitu apakah peradaban yang merupakan hasil dari nalar manusia yang konon hebat itu, mampu menaklukan ganasnya sifat dalam diri manusianya, yaitu kemarahan, yang akhirnya mampu menghasilkan kekejaman dan sadisme? Jawabannya secara sederhana adalah nalar yang kuat belum tentu membawa manusia keluar dari sifat-sifatnya yang mengerikan. Seharusnya salah satu tugas nalar adalah melawan sifat amarah itu agar ia tutup mulut dan tidak bertindak semena-mena. Demikian, tanpa berpanjang lebar lagi, kami mengucapkan: Selamat membaca, selamat merenungi salah satu sifat purba manusia, yaitu kekejaman.[]

Tulis review

Nama Anda:


Review Anda: Note: HTML tidak diterjemahkan!

Rating: Jelek            Bagus

Masukkan kode verifikasi berikut:



Bestsellers
Pesan, Tanda, dan Makna
Rp120.010,00 Rp108.009,00
Berdasarkan pada 1 review.
Elemen-elemen Semiologi
Rp58.010,00 Rp52.209,00
Berdasarkan pada 1 review.
Feminist Thought
Rp130.010,00 Rp117.009,00
Berdasarkan pada 1 review.
Dominasi Maskulin
Rp56.010,00 Rp50.409,00
Catatan Harian Anne Frank
Rp99.000,00 Rp72.918,00
Imaji/Musik/Teks
Rp67.010,00 Rp60.309,00
Jalasutra © 2018 - Designed By Yoocart
View Mobile / Standard