Worry Marketing

Worry Marketing
Kode Produk: marketing
Point Reward: 0
Ketersediaan: Tersedia
Harga: Rp54.000,00 Rp48.600,00
Tanpa Pajak: Rp48.600,00
Jml:  Beli
   - ATAU -   
 
Worry Marketing
Penulis : Fidelis 
Cetakan : I, April 2012
Ukuran : 14 x 21 cm
Tebal : xvi + 288 hlm
ISBN : 978-602-8252-76-8
 
 
Deskripsi:

Seringkali orang membeli sesuatu hanya karena khawatir saja. Karena khawatir tidak diterima di perguruan tinggi ternama, siswa berlomba-lomba mengikuti bimbingan belajar. Karena khawatir tidak mempunyai jawaban ketika ditanya berapa pin BB-nya, banyak orang tidak mampu mengendalikan dorongan impulsifnya untuk membeli Black Berry. Dan tentu masih banyak cerita tentang kekhawatiran yang melatarbelakangi motivasi pembelian suatu produk.

Berbeda dengan konsep marketing yang terkesan wah namun ternyata belum teruji, buku ini menghadirkan penelitian empiris yang dua kali teruji di forum ilmiah dan populer. Forum ilmiah dalam uji tesis dan forum populer berskala nasional dalam MIA Award 2005. Buku ini membuktikan seberapa jauh kekhawatiran berpengaruh terhadap keputusan pembelian oleh seorang konsumen.

Dalam banjir media promosi yang terus mengepung, buku ini membantu Anda menjadi konsumen cerdas yang semakin sadar, otonom, dan bijaksana dalam keputusan pembelian. Adapun bagi produsen dan marketer, diharapkan buku ini membantu memperkaya ide-ide dalam menciptakan produk serta strategi pemasarannya. Akhirnya hubungan antara produsen dan konsumen diharapkan akan semakin win-win, semakin saling menguntungkan.

----------------------------------------------------------------------------------------------

Kekhawatiran adalah awal dari rasa takut. ... ketika perasaan itu terusik, maka mekanisme rasional terdepresi. Semoga pelajaran dari kiat-kiat pemasaran dalam buku ini juga bermanfaat untuk mendorong manusia mengambil tindakan yang lebih sehat dan bermanfaat.

- Prof. Irwanto, Ph.D. Guru Besar Fak. Psikologi Unika Atma Jaya – Jakarta

 

Buku ini memberikan pencerahan baru bagi para pemikir dan peneliti ... dapat membantu para peneliti melahirkan konsep-konsep baru dalam artian konsep dipandang sebagai a unit of knowledge…, khususnya dari pelbagai tayangan iklan promosi televisi.

- Prof. Dr. Augusty Ferdinand Ketua Program Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP Semarang

 

 

Kata Pengantar

 

ADA SATU hal yang kadang kurang dicermati oleh publik khususnya pemerhati marketing, pelaku, pembelajar ataupun semua pihak yang terkait secara langsung ataupun tidak langsung dalam dunia marketing. Kita kadang tidak bisa membedakan antara ilmu marketing yang sesungguhnya dengan ilmu marketing ‘’kemasan’’ saja. Publik sering terpukau dan terjebak pada konsep-konsep marketing yang terlihat wah namun sesungguhnya belum teruji. Konsep marketing tersebut dijual dan dikemas sedemikian rupa sehingga terkesan itu adalah ilmu marketing yang paling benar.

Sebagai bagian dari komunitas marketing mereka merasa tertinggal bila kemudian tidak mengonsumsi kemasan baru marketing tersebut. Tidak bisa dimungkiri bahwa sebagian di antaranya memang berbobot dan teruji, namun sebagian lainnya hanyalah ‘’me-marketing-kan marketing” itu sendiri. Ketika konsep marketing tersebut kemudian ternyata tidak relevan kemudian mereka sudah mengonsumsi konsep marketing baru yang lain dan sudah lupa bahwa konsep yang sebelumnya mereka yakini ternyata tidak terbukti. Buku ini diterbitkan sebagai wacana bagi pemerhati marketing untuk menilai apakah konsep ini dapat dikategorikan konsep marketing yang mana?

Buku ini sekaligus merupakan jawaban atas panggilan untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi publik yang lebih luas. Berawal dari sebuah ide dalam mengkaji marketing dan kemudian dua kali teruji pada forum populer maupun ilmiah berskala nasional, sebenarnya rencana buku ini sudah ada sejak tahun 2006. Ketidakberhasilan mengejar tenggat waktu yang diberikan oleh suatu penerbit besar berskala nasional karena kesibukan sempat meredupkan keinginan menerbitkan buku ini. Namun perjumpaan dengan penerbit lain dalam proses menyelesaikan studi S3 di Universitas Gadjah Mada kembali meniupkan kembali keinginan untuk menuangkan sumbangan pemikiran ini. Terlebih ketika disadari bahwa konsep ini selalu relevan sampai sekarang (dan pasti seterusnya) selama konsumen = manusia. Tidak lain ini adalah karena pemahaman ini dibangun dari cara pemahaman konsumen dari sudut pandang psikologisnya.

Pada suatu kesempatan seorang spiritualis menyampaikan bahwa terkadang orang hanya membeli sesuatu karena khawatir saja. Karena khawatir tidak diterima di perguruan tinggi ternama, siswa berlomba-lomba mengikuti bimbingan belajar. Karena khawatir tidak mempunyai jawaban ketika ditanya berapa pin BB-nya, banyak orang tidak mampu mengendalikan dorongan impulsifnya untuk membeli Black Berry. Dan tentu masih banyak sekali cerita tentang kekhawatiran yang melatarbelakangi motivasi pembelian suatu produk.

Bagi konsumen diharapkan buku ini membantu membangun kesadaran konsumen agar semakin otonom dalam keputusan pembeliannya. Adapun bagi produsen dan marketer, ide-ide dalam menciptakan produk serta strategi memasarkannya diharapkan bisa semakin diperkaya oleh buku ini. Hubungan antara produsen dan konsumen juga diharapkan akan semakin win-win, semakin saling menguntungkan. Produsen tidak semakin sibuk memanipulasi konsumen agar membeli produknya dengan strategi kekhawatiran ini. Namun produsen sungguh menciptakan produk-produk yang merupakan solusi bagi hal-hal yang memang ‘’layak dikhawatirkan” oleh konsumen. Sehingga pada akhirnya kita semua akan sependapat bahwa kekhawatiran sesungguhnya memiliki manfaat: yaitu bila tertuju pada suatu bahaya tertentu dan tidak berlangsung terus-menerus.

Semoga kekhawatiran bermanfaat bagi Anda.

Dan semoga buku ini bermanfaat.

 

Penulis

 

DAFTAR ISI

 

TENTANG PENULIS ~ v

KATA PENGANTAR ~ vii

DAFTAR ISI ~ xi

BAGIAN I PSYCHO-MARKETING STRATEGIK

BAB 1 PENDAHULUAN ~ 3

A. Latar Belakang ~ 3

B. Kekhawatiran dalam Iklan ~ 9

BAB 2 MENGENAL KEKHAWATIRAN ~ 15

A. Mendefinisikan Kekhawatiran ~ 18

B. Penyebab Kekhawatiran ~ 25

C. GAD Model ~ 27

D. Antara Khawatir dan Fobia ~ 29

BAB 3 MARKETING PENDEKATAN STRATEGIK ~ 31

A. Manajemen dan Marketing ~ 35

B. Asas Strategi Marketing ~ 36

C. Segitiga K ~ 40

D. Membuka Black Box ~ 46

E. Siklus Perilaku Konsumen ~ 48

BAB 4 STRATEGI BAURAN PERIKLANAN ~ 53

A. Bauran Promosi ~ 53

B. Strategi Periklanan ~ 58

C. Strategi Pembelian Media ~ 59

D. Daya Pukau Iklan ~ 60

E. Efektivitas Pesan Iklan ~ 65

BAB 5 PSYCHO-MARKETING

Homeostatis Kekhawatiran Konsumen ~ 71

A. Theory of Reasoned Action ~ 71

B. Homeostatis Kekhawatiran ~ 73

C. Niat Beli Konsumen ~ 79

D. Kekhawatiran dalam Industri ~ 82

BAGIAN II PENGARUH KEKHAWATIRAN TERHADAP NIAT BELI

BAB 6 METODOLOGI RISET ~ 87

A. Deskripsi Iklan ~ 87

B. Kerangka Pemikiran ~ 90

C. Dimensionalisasi Konstruk ~ 93

D. Jenis dan Sumber Data ~ 96

E. Populasi dan Prosedur Penentuan Sampel ~ 96

F. Metode Pengumpulan Data ~ 97

G. Teknik Analisis Data ~ 99

BAB 7 ANALISIS DATA IKLAN FREN DAN L-MEN ~ 105

A.      Gambaran Umum Responden ~ 105

B. Analisis Deskriptif ~ 109

C. Proses dan Hasil Analisis

Structural Equation Modeling (SEM) ~ 122

BAB 8 TEMUAN RISET ~ 145

A. Ringkasan Riset ~ 145

B. Kesimpulan Hipotesis ~ 147

C. Kesimpulan atas Masalah Riset ~ 151

BAGIAN III STIMULUS KEKHAWATIRAN DALAM PEMASARAN

BAB 9 MEMASARKAN SABUN, JAMU, DAN OBAT ~ 155

ASabun Mandi Lifebuoy ~ 159

B. Sabun Mandi Cair ~167

C. Obat Kumur Listerine ~ 170

D. Obat Masuk Angin ~ 177

BAB 10 MEMASARKAN MAKANAN, MINUMAN,

DAN ROKOK ~ 185

A. Quaker Oat ~ 187

B. Minuman Isotonik ~ 190

C. Teh Sariwangi ~ 198

D. Rokok Mild ~ 204

BAB 11 PENUTUP ~ 209

A. Implikasi Teoretis ~ 212

B. Implikasi Manajerial ~ 220

C. Riset Lanjutan ~ 221

DAFTAR PUSTAKA ~ 223

LAMPIRAN-LAMPIRAN ~ 233

INDEKS ~ 283

 

Tentang Penulis

FIDELIS INDRIARTO, lahir di Yogyakarta, 24 April 1973. Ia menamatkan studi Magister Manajemen di Universitas Diponegoro (2006). Studi S1 ia selesaikan pada tahun 1996 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan mengambil program studi Statistika. Saat ini, ia adalah kandidat doktor Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada. Lompatan pemikirannya dari bidang yang sangat kuantitatif sampai ke bidang yang sangat kualitatif memberikan nuansa pemikiran interdisipliner yang luas dan tajam.

Karier marketing-nya dimulai sebagai Product Management Coordinator Head Office PT Bank Bali (1997 – 2000). Kemudian, Fidelis melanjutkan kariernya di salah satu perusahaan rokok market leader di Indonesia dan dunia. Diawali dengan menjadi Marketing Analyst dan dilanjutkan sebagai Marketing Manager di beberapa wilayah (Bali, Tegal-Pantura, dan DI Yogyakarta). Terakhir Fidelis terlibat dalam banyak project untuk memperbaiki marketing business process.

Buku yang Anda pegang ini adalah pengembangan idenya tentang Worry Marketing yang secara ilmiah telah dituangkan menjadi tesis S2. Selain itu konsep marketing ini telah dua kali mendapatkan penghargaan berskala nasional dalam Marketing Inovation Award 2005 dan juara karya ilmiah manajemen oleh Asosiasi Program Magister Manajemen Indonesia 2006.

 

Tulis review

Nama Anda:


Review Anda: Note: HTML tidak diterjemahkan!

Rating: Jelek            Bagus

Masukkan kode verifikasi berikut:



Bestsellers
Pesan, Tanda, dan Makna
Rp120.010,00 Rp108.009,00
Berdasarkan pada 1 review.
Elemen-elemen Semiologi
Rp58.010,00 Rp52.209,00
Berdasarkan pada 1 review.
Feminist Thought
Rp130.010,00 Rp117.009,00
Berdasarkan pada 1 review.
Dominasi Maskulin
Rp56.010,00 Rp50.409,00
Catatan Harian Anne Frank
Rp81.020,00 Rp72.918,00
Imaji/Musik/Teks
Rp67.010,00 Rp60.309,00
Jalasutra © 2017 - Designed By Yoocart
View Mobile / Standard